Adventure

Sungai Dua Warna di Negri "Samba"

IA-Dari sumber mata air, air sungai berwarna bening, kemudian semakin dekat dengan muara berubah jadi cokelat, atau hitam karena tercampur oleh zat-zat lain. Biasanya, meski berbeda warna, bila keduanya dipertemukan akan tercampur. Tapi uniknya, sungai di Brasil ini justru berdampingan tanpa tercampur.

Seperti sebuah keajaiban, satu titik ini mempertemukan dua air sungai yang berbeda. Anehnya, mereka tidak bercampur, air sungai tetap berwarna cokelat dan satunya berwarna hitam pekat.

Tempat ini ,berada sekitar 10 kilometer dari kota pedalaman Manaus di Brasil utara. Warna hitam dari air sungai Rio Negro mengalir melalui kota, memenuhi sungai Amazon yang berpasir. Tetapi, keduanya tidak bercampur.

Dilansir dari Amusing Planet, keduanya mengalir berdampingan sepanjang 6 kilometer. Kejadian ini dikenal sebagai 'Meeting of the Waters' atau Encontro das Águas dalam bahasa Portugis.

Fenomena tersebut terjadi di beberapa tempat di seluruh Amazon dan di tempat lain. Namun tak sedramatis di sini. Ini merupakan salah satu daya tarik wisata utama dari Manaus.

Rio Negro adalah anak sungai terbesar dari Amazon dan sungai air hitam terbesar dunia. Nama "Rio Negro" sendiri berarti "Black River". Warna berasal dari kehadiran terlarut materi membusuk sayuran yang tercuci ke dalam air sebagai sungai mengalir melalui hutan hujan dan rawa-rawa.

Sebuah sungai air hitam memiliki tingkat asam yang tinggi, dan sangat sedikit sedimen. Di sisi lain, perairan Amazon, yang kental dengan pasir memberikan penampilan yang kecoklatan.

Karena konstituen mereka yang berbeda, kedua sungai memiliki kepadatan air, kecepatan dan suhu yang berbeda. Ini yang menyebabkan keduanya tidak bisa tercampur.

Namun, saat berada enam kilometer di hilir, pusaran bergolak mendorong air di perairan Amazon cepat bergerak, akhirnya mencampur dua warna sungai. Ini terjadi dan dua warna air berbeda bergabung untuk menjadi Lower Amazon River.

Beberapa perusahaan agen tur pun banyak yang menawarkan perjalanan perahu ke tempat yang tepat di mana sungai bertemu. Jika tertarik berkunjung ke sana, waktu terbaik melihat keindahan dua warna air sungai berbeda adalah antara Januari dan Juli.
Wisata ini biasanya dikombinasikan dengan tur yang dikemas dari Janauary Ecological Park, di mana seseorang dapat mengamati dan mengambil gambar dari bunga lili air.(Viva.co.id)

About IMPAL ADVENTURE

IMPAL ADVENTURE adalah Komunitas pecinta alam yang ada di kota medan, berdiri tahun 2012 dan baru di deklarasikan pada tahun 2013. impal adventrure berskretariat di jalan Bunga Melati No 11 sp Pencawan Medan.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.